Rabu, 15 September 2021

Blog Sebagai Sarana Pembelajaran

 Blog Sebagai Sarana Pembelajaran 

Tgl Pertemuan:  15 September 2021 

Resum ke :  29 

Tema :  Blog Sebagai Sarana Pembelajaran 

Nara Sumber :  Nani Kusmiyati,S.Pd.,M.M., CTMP 

Moderator :  Aam Nurhasanah, M.Pd. 

Gelombang :  19 

Menyibak cakrawala pandang, menembus langit berbintang, muncul berbagai ide cemerlang, menghantarkan sang pejuang, bergelimang pujian dan kebermanfatan demi hidup yang berkemaslahatan. 

Malam spektakuler duet ampuh Nara sumber dan moderator hebat, lincah, berdedikasi yang ikut membangun dunia literasi, tumbuh kembang polesan bunda Sri Sugiatuti atas prakarsa Om Jay sang guru bloger Sejati.

 Nani Kusmiyati, S.Pd., M.M., CTMP. Lahir di Kediri, 12 September 1966. Lulusan S1 Bahasa Inggris di UIA (Universitas Islam Assyafiiyyah) Pondok Gede dan S2 MSDM di UPN Veteran Jakarta. Berpangkat Mayor TNI AL. Dinas pertama di Disminpersal (Dinas Personel TNI AL) selama 5 tahun, kemudian di Pusdiklat Bahasa selama 8 tahun, selanjutnya berdinas di Dinas Pendidikan TNI AL selama 20 tahun. Saat ini berdinas di Lemhannas, Jabatan Kasubbag Kerma Multilater Luar Negeri. 

Sebagai pramugari haji pada tahun 1997 dengan Garuda Indonesia, home base di Makasar.Penugasan di Lebanon sebagai Pasukan Perdamaian PBB selama satu tahun dengan jabatan MILSTAF SO1-JLOC. 

Mengikuti kursus AELIC (Advanced English Language Instructor Course) selama 4 bulan di DLI (Defense Language Institute) San Antonio Texas, US; MELT (Methodology English Language Teaching) tahun 2002 dan ETDC (English Teaching Development Course) tahun 2007 di Australia. 

Mengawali pembelajaran latihan menulis salam sapa hangat dari naras umber, Assalamuailaikum,. selamat malam semuanya, terima kasih moderator yang baik hati, sahabat saya dimanapun berada Dengan membaca Bismillahirrahmanirrohim,.. kita mulai sharing pelajaran malam ini: Topik malam ini Blog Sebagai Sarana Pembelajaran 

Topik ini mengingatkan kita semua, bahwa menulis di blog seperti menulis dibuku catatan   mengabadikan buah pikiran sendiri atau pelajaran yang kita dapatkan dari sumber lain. dapat berupa buku, digital book, pengalaman orang lain maupun ilmu yang kita dapatkan dari guru, ketika masih belajar di bangku sekolah maupun kuliah. 

Blog bukanlah sesuatu yang baru karena hampir setiap orang mengenal tentang blog. Bertahun-tahun para penulis dan akademia menggunakan blog untuk mengekspresikan ide, pengalaman dan ilmu yang di dapatkannya. 

Blog sangat membantu mengingat kejadian-kejadian yang menarik perhatian dimasa lampau atau saat ini. dokumentasi berupa foto-foto akan mudah mengemasnya kembali menjadi sebuah cerita true story. 

Sedangkan kejadian dimasa kini akan lebih mudah dituliskan di blog karena ingatan kita masih fresh untuk mengingatnya. Maka jika melihat kejadian yang menarik perhatian, maka segera tulislah di blog. Dengan HP dapat membantu menulis poin-point singkat kejadian atau pengalaman yang menarik untuk diceritakan. 

Setelah waktu luang baru menulisnya. Bagaimana jika kita benar-benar sibuk dan tidak ada waktu menuliskan poin-poin tersebut menjadi karya yang dapat dinikmati sendiri maupun orang lain? Dan bagaimana jika tiba-tiba tidak ada mood untuk menuliskannya? 

Jika sangat sibuk sekali, usahakan meluangkan waktu menulis walau hanya penjelasan satu poin saja. Kemudian dikesempatan berikutnya menulis 1 (satu) poin lagi. 

Menulis di Hp Draf tulisan pasti masih kasar, biarkan saja, yang terpenting poin-poin itu sudah ada deskripsinya. Ketika ada waktu barulah dibaca kembali untuk menyempurnakan tulisan tersebut. 

Blog menjadi sarana belajar, terutama belajar writing. Bagaimana menyusun kalimat yang benar dan menarik hingga menjadi paragraf per paragraf yang memiliki makna. Sebagai guru, blog dapat menjadi salah satu alternatif di dalam mengajar. 

Beberapa guru dapat menggunakan google form, whatsApp atau media lain namun jika media tersebut dapat saling melengkapi akan lebih bagus. Blog dapat menjadi suatu pilihan sebagai media pembelajaran. 

Bagi guru blog sebagai media pembelajaran dengan menuliskan inovasi di dalam mengajar baik berupa teknik mengajar maupun materi ajaran. Walau sebenarnya dapat di simpan di flash disk atau laptop. jika laptop atau flasdisk terkena virus maka akan sangat riskan hilangnya materi pembelajaran. 

Blog adalah salah satu media aman untuk menyimpan materi pelajaran kita karena tidak akan terkena virus. Yang terpenting tidak lupa nama blog dan password-nya. Jika lupa password masih bisa dipulihkan melalui email atau no Hp. 

Blog bersifat umum dapat dibaca orang lain, kita pandai memilih materi mana yang boleh dibaca orang lain. Jika memiliki soal-soal dan dianggap masih bersifat konfidensial atau rahasia, sebaiknya jangan disimpan di blog. 

Mengajar, bisa menggunakan blog untuk mengirimkan tugas-tugas ke siswa dan meminta mereka menjawab di blog mereka dan mengirmkan linknya ke group. dan juga memberi tugas ke siswa lain untuk berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog. tidak dapat memaksa mereka untuk visit ke semua blog karena mereka juga mendapatkan banyak pekerjaan rumah dari guru berbeda. 

Cocok dipraktekkan saat pembelajaran daring, selama pandemi ini, Hal ini sebenarnya dapat di praktekkan karena dapat menjadi mix method dalam mengajar. 

Dalam bahasa Inggris, writing termasuk salah satu skill yang tersulit karena budaya menulis masih di dominasi kaum akademia atau pegiat literasi. 

Untuk siswa dengan level bahasa Inggris elementary, biasanya memberikan topik umum dan memberikan contoh cara mendeskripsikan topik tersebut. 

Disarankan menggunakan google translate untuk membantu mengerti isi dari reading. kemudian menceritakan kembali dengan bahasa mereka sendiri. 

Bagi yang benar-benar level begginer saya meminta mereka membuat kalimat dalam bahasa Indonesia dengan berpedoman SPOK (Subyek, Predikat, Obyek dan Kata keterangan), baru mereka terjemahkan dengan google translate untuk mengetahui bahasa Inggrisnya. 

Mereka belajar menganalisa tulisan mereka sendiri juga memperhatikan kalimat bahasa Indonesia dan bahasa Inggrisnya. 

Bagaimana dengan siswa SD atau SMP?  mereka bisa memiliki blog namun dengan bantuan orang tua atau kakaknya yang mengerti blog dengan segala etika bersosial media. 

Jika perlu yang mengetahui passwordnya hanya orang tua atau kakaknya yang dapat diandalkan. Walau blog milik pribadi namun konten yang di tulis khusus untuk belajar atau menyampaikan pendapat yang tidak menyinggung siapapun. 

Bapak Ibu Guru SD atau SMP yang pandai IT bisa membantu mereka dengan bertatap muka via daring atau bertemu langsung dengan para orang tua dan mengajarkannya cara membuat blog dengan etika bersosial media. 

Guru bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dapat menggunakan blog untuk mengajarkan reading dan writing. Jika speaking dapat melalui zoom atau whatsApp call. 

Penggunaan blog sebagai sarana pembelajaran adalah salah satu alat untuk mengajar atau belajar. Silakan menggunakan media yang dianggap mudah untuk meningkatkan ilmu dengan berbagi kebaikan dengan murid-murid, sahabat atau orang lain. 

Jika bapak ibu setiap saat menulis materi mengajarnya di blog, selama 1 bulan akan memiliki kumpulan materi yang kemudian dapat dibukukan. Maka jadilah sebuah buku pelajaran karya pribadi dengan tidak lupa mencantumkan referensinya 

Media yang sulit perlu dipelajari dan di takhlukkan jika memang media tersebut akan banyak memberikan manfaat. Jika dianggap tidak memiliki manfaat, sebaiknya ditinggalkan. Selamat mencoba dan have fun dengan blog. 

Sebagai Penutup, Jika ada yang lebih praktis, dinamis, ekonomis, simpel, aman mengapa  memilih yang riskan dan membahayakan. Saatnya kita lebih teliti hati-hati waspada penuh perhitungan tidak cereboh dalam mengambil dan memilih media pembelajaran yang mudah aman dan simpel. 

Selamat berinovasi tiada henti, nama harum dan senyum bahagia selalu menghampiri diri. 

Sragen, 15 September 2021.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Semudah Ceplok Telor

 Menulis Semudah Ceplok Telor  Tgl Pertemuan:  17 September 2021  Resum ke :  30  Tema :  Menulis Semudah Ceplok Telor  Nara Sumber :...